Kamis, 03 November 2016

MENJAHIT LUBANG KANCING



MENJAHIT LUBANG KANCING – PRAKTEK PADA MESIN JAHIT SINGER HAVY DUTTY




Bagaimana kabar teman teman  ???

Tulisan kali ini adalah tentang menjahit lubang kancing dengan mesin jahit Singer Havy dutty.  Bagi teman teman yang menyukai kegiatan jahit menjahit baju, tentu sesekali kita butuh menjahit lubang kancingnya.  Jika teman teman mempunyai mesin jahit singer havy dutty, atawa mesin jahit sejenisnya, mungkin tulisan kali ini pas bagi teman teman yang masih tanda tanya bagaimana mempraktekkan mesinnya untuk menjahit lubang kancing.....

Mesin sejenis disini maksudnya adalah mesin lain yang mempunyai kapasitas yang sama dengan mesin jahit Singer havy dutty, tapi lebih tepat jika tulisan ini dipraktekkan pada mesin jahit Singer Havy Dutty, karena mesin itu yang ku punya....., maaf  yha ga maksud pamer lho.....

Berikut langkah-langkah yang  sering ku praktekkan ketika menjahit lubang kancing dengan mesin jahit Singer Havy Dutt.

1.        Ukur diameter kancing, kalaw aku diameter kancing untuk kemeja anak adalah 1,5 cm, diameter kancing kemeja dewasa 2 cm.
2.        Beri tanda kain / baju yang akan dijahitjan lubang kancingnya sesuai panjang diameter kancingnya.
3.        Pada mesin, pasang sepatu lubang kancing. Putar cakram lebar jahitan ke angka 1- 2, maksudnya aku kadang pakai skala 1 untuk kemeja anak, untuk kemeja dewasa aku pakai skala 2.
4.        Pilih kerapatan / kepadatan jahitan dengan memutar cakram panjang jahitan ke angka 1-0. Semakin mendekati 0 maka jahitan akan semakin padat / rapat. Kalaw aku biasa pakai diantara / ditengah tengah 1- 0.
5.        Pilih posisi jarum tengan dengan memutar tombol posisi jarum ke posisi tengah.
6.        Letakkan kain / baju dibawah sepatu lubang kancing yang sudah terpasang pada mesin. Posisikan penanda lubang kancing pada baju segaris dengan ujung depan sepatu lubang kancing.
7.        Mulailah menjahit lubang kancing 4 langkah, ikuti urutan langkah langkahnya, dimulai dengan memutar cakram selektor pola jahitan ke urutan langkah 1, pada langkah ini menjahitlah secukupnya saja jangan terlalu banyak agar benang jahitan tidak terlalu menumpuk. Lalu beralih ke langkah 2, pada langkah ini menjahitlah sepanjang penanda lubang kancing, ataw sesuaikan panjangnya dengan ruas garis yang tertera pada sepatu lubang kancing. Lalu beralih ke langkah 3, pada langkah ini lakukan seperti langkah 1 yaitu menjahitlah secukupnya saja. Selanjutnya beralih ke langkah 4, caranya sebagaimana langkah 2.
8.        Buka lubang kancing dengan menggunakan pisau pendedel benang / penyobek kelim, mulai dari kedua ujung ujung lubang kancing ke arah tengah / dalam.


Demikian cara menjahit lubang kancing 4 langkah dengan menggunakan mesin jahit SINGER HAVY DUTY.  

Selamat mencoba  !!!

1 komentar:

  1. Apakah mesin jahit havy dutty bisa dilengkapi dg pisau pembuat lobang kancing ? jadi tdk perlu pakai pendedel untuk buat lobang kancingnya dan mungkin hasilnya lebih halus dan rapi.

    BalasHapus