Sabtu, 27 Mei 2017

POLA ROK KLOK

POLA ROK KLOK


            Belajar rok klok ini memang sengaja saya pelajari dan saya praktekkan.  Sebenarmya saya sendiri kurang menyukai rok atau gamis yang bagian bawahnya terlalu melebar, sedangkan rok klok ini bentuk bagian bawahnya lebar, mungkin agak semi payung gitu kali ya…

            Adapun tujuanku mempelajari cara membuat rok klok adalah ingin mengnetahui bagaimana membuat pola rok klok, karena tentu sebelum kita membuat / menjahit kita perlu mebuat polanya dulu kan, jadilah aku juga belajar bagaimana membuatpola rok klok, yang kemudian bisa aku praktekkan menjadi sebuah rok, dan bahkan kemudian bisa ku kombinasikan menjadi sebuah gamis semi umbrella.

            Kalau menurutku rok/gamis bentuk klok lebih cocok dipakai oleh anak-anak, karena usia mereka kan masih suka main-main ya…, sehingga dengan memakai rok atau gamis bentuk ini, mereka jadi lebih leluasa bergerak dan berlari.  Walaupun kadang ketika memakai rok /gamis ini, gaya berlari atau berjalan mereka jadi mirip nona-nona ‘Litle Missi’di serial TV-TVRI.  Itu lho gaya berlari / berjalan yang sambil sedikit mengangkat bagian depan gamisnya dengan kedua tangannya.

            Kembali tentang belajar rok klok, dalam pemotongan bahan untuk rok klok berbeda dengan pemotongan bahan umumnya.  Biasanya ketika memotong bahan, kita meletakkan pola yang sudah dibuat di atas bahan (kain) mengikuti arah serat bahan (kain) atau mengikuti arah panjang bahan (kain).  Namun pada pembuatan rok klok, pola diletakkan di atas bahn (kain) yang dilipat diagonal.  Mungkin ini bertujuan agar jatuhnya rok menjadi lebih bagus / indah.

            Oleh karena itu mungkin dibutuhkan bahan dengan lebar maksimal, mungkin bahan dengan lebar 1,5 meter. Sehingga bentuk diagonal bahan bisa maksimal.  Sebenarnya jadi agak boros dipemakaian bahan ya….  Tapi kalau aku, kadang menyiasatinya dengan mengurangi lebar bagian bawah rok / gamis, agar menghemat bahan aja sih, dan agar rok / gamis tidak terlalu melebar, jadinya semi klok dong, he he he…..

            Oiya, aku belajar pola rok klok ini di blog menjahit My Hobby.  Berikut gambar pola rok klok.


 


Selamat Mencoba…

1 komentar: