Sabtu, 27 Mei 2017

SOLUSI TUAS SEPATU MESIN JAHIT NYANGKUT / TIDAK DAPAT BERFUNGSI NORMAL TROUBLE PADA MESIN JAHIT SINGER HEAVY DUTY




SOLUSI TUAS SEPATU MESIN JAHIT NYANGKUT / TIDAK DAPAT BERFUNGSI NORMAL


TROUBLE PADA MESIN JAHIT SINGER HEAVY DUTY



            Dalam mengoperasikan mesin jahit, baik menjahit, membuat lubang kancing, dan lain lain, kita tidak terlepas dari menaikkan dan menurunkan sepatu mesin jahit.  Hnah, untuk menaikkan dan menurunkan sepatu mesin jahit  kita tentu menggunakan sepatu mesin jahit yang dapat manaikkan dan menurunkan sepatu mesin jahit.

          Mungkin saya tampilkan juga ya gambar tuas sepatu mesin jahit, agar lebih menjelaskan yang dimaksudkan dalam tulisan ini. 
         
          Berikut gambar tuas sepatu pada mesin jahit Singer Heavy Duty.


           
           Tetapi pernahkah tuas sepatu mesin jahit yang biasa kita pakai untuk menaikkan dan menurunkan sepatu mesin jahit tiba-tiba tidak dapat berfungsi normal sebagaimana mestinya ??

            Sebenarnya pada kondisi ini tuas sepatu mesin jahit masih bias dinaikkan dan diturunkan, tidak serta merta dapat menaikkan dan menurunkan sepatu mesin jahit. 

A.    Mengapa bisa terjadi demikian ?  Mengapa tuas sepatu mesin jahit tidak dapat berfungsi normal ?

Mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan tuas sepatu mesin jahit tidak dapat berfungsi normal, berdasarkan pengalamanku sendiri penyebabnya antara lain adalah :
*        Mungkin tuas sepatu mesin jahit telah digerakkan dengan ritme cepat secara terus menerus.  Biasanya yang melakukan hal ini adalah anak-anak yang terkadang ingin mencoba sesuatu yang baru dilihatnya.  Seperti yang terjadi pada mesin jahitku di rumah, ternyata karya tangan si anak lelaki ketigaku yang telah memainkan tuas sepatu mesin jahit, pantas saja tuas sepatu mesin jahitku tiba-tiba ga fungsi, jadilah aku yang kebingungan…☺
*        Ketika proses menjahit berlangsung, benang tiba-tiba menggulung kusut.  Dalam kasus ini, kadang tempat spul benang bergeser / keluar dari dudukan tempat spul, maka dalam hal ini kita butuh dua solusi, pertama mengembalikan tempatspul pada dudukan spul, kedua menormalkan fungsi tuas sepatu mesin jahit.

B.     Lalu bagaimanakah solusinya agar tuas sepatu mesin jahit dapat berfungsi normal kembali ??

Hal yang dapat dilakukan agar tuas sepatu dapat berfungsi kembali antara lain :
*        Menghubungi service center / dealer tempat kita membeli mesin jahit, seperti yang pertama kalikku lakukan ketika tuas sepatu mesin jahitku tidak dapat berfungsi, tapi menurutku cara ini agak ribet.
*        Membawa mesin jahit ke tukang service mesin jahit, sebenarnya yang ini juga agak merepotkan, karena kan harus pake acara bawa-bawa si mesin jahit yang tidak bisa dibilangringnan.
*        Mencoba memperbaiki sendiri.  Hnah.. langkah yang satu ini membuat urusan lebih mudah, plus hemat biaya.  So, bagaianakah caranya memperbaiki sendiri tuas sepatu mesin jahit yang tidak dapat berfungsi ?  Insya Allah simple, kita hanya membutuhkan alat bantu sebuah uang koin yang dipergunakan untuk memutar sekrup penekan sepatu mesin jahit.
Caranya : Jika posisi sekrup penekan sepatu mesin jahit miring ke arah kanan / ke tanda (-), maka kita putar sekrup kea rah sebaliknya, yaitu ke arah kiri / ke tanda(+), dengan menggunakan alat bantu uang koin.  Insya Allah tuas sepatu mesin jahit akan berfungsi normal kembali, yaitu menaikkan dan menurunkan sepatu mesin jahit.

      Berikut gambar sekrup penekan sepatu yang terdapat pada mesin jahit Singer Heavy Duty.


Alhamdulillah..setelah mengetahui hal tersebut, aku tidak perlu lagi membawa mesin jahitku ke tukang service mesin jahit ketika tuas sepatu mesin jahitku tidak dapat berfungsi.  Aku sendiri sudah tiga kali mengalami tuas sepatu nyangkut (ini istilah tukang service mesin jahit yang biasa menangani mesin jahitku ketika tuas sepatu mesin jahitku tidak berfungsi).  Dua kasus, disebabkan buah karya si kecil yang kemudian ditangani oleh tukang service.  Satu kasus, maksudnya kasus  yang ketiga kalinya, penyebabnya adalah benang menggulung kusut ketika aku sedang menjahit, dan bisa ku tangani sendiri, Alhamdulillah…

            Demikian ulasan sederhana trouble dan solusinya ketika tuas sepatu mesin jahit nyangkut.  SELAMAT MENCOBA…!

1 komentar: